Etika Bertanya dalam Presentasi


Presentasi adalah kegiatan yang membahas dan menerangkan suatu topik untuk di kenal atau dimengerti oleh forum tertentu. Disetiap presentasi biasanya terdapat peserta atau audience. Peserta atau audience merupakan pendengar dari presentasi.

Sebagai peserta,kita patut bangga karena dari kegiatan inilah kita akan tahu lebih banyak pengetahuan. Karena tak semua penjelasan yang dibahas itu mudah dimengerti maka akan diadakannya sesi tanya jawab.



Peserta yang dipilih oleh moderator untuk bertanya,ia sangatlah beruntung karena masalah yang ingin ditanyakan akan terpecahkan. Namun,ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika bertanya. Apa sajakah itu? sebaiknya sebelum bertanya ada hal penting yang perlu diperhatikan,yaitu:


-Simak terlebih dahulu dikusi atau prsentasi

     Saat presentasi atau diskusi sedang  berlangsung,kita dianjurkan atau harus memperhatikan apa yang dibahas dalam kegiatan tersebut. Menyimak akan mempermudah anda untuk membayangkan masalah yang akan dipertanyakan

-Sebelum bertanya,cari terlebih dahulu jawabannya

     Ya,mencari jawaban memang tak semudah yang dibayangkan. Namun lebih baik mencari terlebih dahulu jawabannya agar pertanyaan yang ada di peserta lain dapat dipecahkan.

-Bertanyalah disaat semua materi dalam presentasi sudah selesai atau pada saat sesi tanya jawab

     Disaat presentasi sedang berlangsung,janganlah langsung memotong pembicaraan dan langsung bertanya. Tetap tenang  dan simaklah hingga semua materi selesai. Bertanyalah pada waktunya.

Setelah kegiatan diatas terpenuhi,barulah kita masuk ke etika bertanya dalam diskusi atau presentasi. Berikut cara-caranya:

Tunjuk tangan saat ingin bertanya
Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusuhuan saling berebut antar peserta dan juga menjaga agar suasana dalam ruangan tetap tenang. Dan dapat mempermudah moderator untuk memilih siapa saja yang ingin bertanya.

Ucapkan salam dengan singkat dan perkenalkan diri
Memperkenalkan diri saat ingin bertanya bertujuan untuk memudahkan si penjawab ketika akan menjawab pertanyaan yang di lontarkan. Dan dapat lebih akrab untuk menjawab.  
Gunakan bahasa yang sopan
Bahasa yang sopan sangatalah penting, karena setiap orang menilai seseorang lain dengan memperhatikan gerak-gerik atau cara berbahasanya. Dengan demikian, orang yang akan  menjawab pertanyaan anda akan lebih segan untuk menjawab.
Lontarkan pertanyaan yang menarik,sesuai materi,dan tidak melenceng
Mengapa? Agar semua orang yang ada di dalam ruangan tersebut akan penasaran dengan apa yang akan dijawab. Dan jangan memberikan pertanyaan yang bersifat melenceng dari materi yang diberikan.

Ajukan pertanyaan yang jelas,singkat dan mudah dimengerti
Rangkailah bahasa yang akan ditanyakan agar dapat mempermudah si penjawab untuk memahami pertanyaan dan membuat seluruh peserta presentasi merasa tak bingung.
Mengajukan pertanyaan yang tidak bersifat menjebak
Bertanyalah dengan maksud mengetahui apa yang belum kita ketahui dan yang bertujuan untuk memecahkan masalah dan tidak untuk menguji,menghina atau menggurui si penjawab.
Jangan memotong jawaban pembicaraan
Jika jawaban belum diselesaikan dan  anda merasa tidak puas atau kurang pas dengan jawaban yang diberikan,janganlah memotong pembicaraan disaat penjawab menjawab pertanyaan anda karena itu sangat  tidak sopan dan berkesan menggurui.

Jangan bersikap acuh tak acuh
Bersikap acuh tak acuh seperti bermain HP dan mengobrol disaat pertanyaan anda dijawab oleh penjawab itu akan membuat pertanyaan yang anda berikan itu menjadi sia-sia dan  pertanyaan yang anda berikan berkesan mainan atau tak penting.

Catatlah jawaban yang diberikan
Saat pertanyaan anda dijawab,anda diharuskan untuk menyimak dan memperhatikan jawaban yang diberikan. Dan catatlah jika penting,bila jawaban tersebut sangat bermanfaat atau menarik atau penting bagi masyarakat umum- postinglah jawaban tersebut (bila perlu), agar yang memiliki masalah yang sama dengan pertanyaan anda akan terbantu dengan tulisan yang anda posting.

Ucapkan salam singkat dan terima kasih saat meutup pertanyaan
Setelah bertanya,janganlah lupa untuk berterima kasih dan mengucapkan salam. Agar terlihat lebih sistematis atau berurut.

Demikianlah cara beretika dengan baik dalam bertanya,jika terdapat tulisan yang kurang berkenan mohon maaf. Semoga bermanfaat dan dapat membantu. Terima kasih telah membaca






Komentar

  1. kalo bertanya tapi ga tau jawabannya gimana tuh ?

    BalasHapus
  2. minta bantu sama peserta lain untuk menjawab, atau beri no hp/e-mail untuk menjawabnya nanti

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer