Q.S.Ar-Ruum ayat 41-42--larangan merusak bumi!

Bab 7
Surah Ar-Ruum,30:41-42. Tentang Larangan Berbuat Kerusakan di Bumi

Ibda’ Binafsik!
Rasulullah SAW bersabda,yang artinya: “seorang Muslim yang menanam pohon atau tanaman lalu sebagian hasilnya dimakan orang,manusia atau binatang lain, maka orang yang menanam itu akan mendapatkan pahala.” (H.R.Bukhori Muslim)

     1.    Bacaan

  
             
                       
                        
     2.  Terjemahan 


"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)."---41

Katakanlah: “Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).”---42


  3.Kesimpulan/kandungan dan Penjelasan
©      Penegasan Allah bahwa beerbagai kerusakan yang terjadi di daratan dan di lautan adalah akibat ulah atau perbuatan manusia. Hal tersebut hendaknya disadari oleh umat manusia dan karenanya umat manusia harus segera menghentikan perbuatan-perbuatan yang menyebabkan timbulnya kerusakan di daratan dan di lautan (lingkungan hidup).

©      Suruhan untuk mempelajari sejarah umat-umat terdahulu. Berbagai bencana yang menimpa umat-umat terdahulu adalah disebabkan kemusyrikan mereka, mereka tidak mau menghambakan diri kepada Allah SWT. Mereka justru menghambakan dirinya kepada selain Allah (hawa nafsu setan).

Allah SWT menciptakan alam semesta dan segala isinya daratan,lautan,angkasa raya,flora,dan fauna adalah untuk kepentingan umat manusia.

Manusia sebagai khalifatullah diamanati oleh Allah SWT untuk melakukan usaha-usaha agar alam semesta dan segala isinya tetap lestari,sehingga umat manusia dapat mengambil manfaat,menggali,dan mengolahnya,untuk kesejahteraan umat manusia dan sekaligus sebagai bekal dalam beribadah dan beramal saleh.
Ketamakan umat manusia terhadap alam telah menimpa mereka sendiri. Akibat buruk  yang ditimbulkan seperti : longsor,banjir,kekeringan,tata alam yang tidak keruan, dan udara serta air tercemar.
Diperlukan upaya yang keras dan konsisten dari kita semua sebagai khalifah Allah SWT,agar kewajiban untuk memelihara dan melestarikan alam demi kesejahteran bersama tetap terjaga. Dalam melaksanakan kewajibannya,sebagai khalifah juga umat manusia disuruh untuk mempelajari sejarah umat-umat terdahulu, dan mengambil pelajaran daripadanya.
4.  Rangkuman
   Kandungan Surah Ar-Ruum ayat 41-42 meerupakan penegasan Allah SWT bahwa berbagau kerusakan yang terjadi di muka bumi sebenaranya akibat ulah atau perbuatan manusia. Selain itu,Allah SWT menyuruh umat manusia untuk mempelajari sejarah,serta mengambil pelajaran darinya.


         










Sumber: PAI kelas XI erlangga

https://yuniaindah.wordpress.com/2013/08/20/qs-ar-ruum-ayat-41-42/



Komentar

Postingan Populer