BODY CARE- cara cantik merawat kuku

Nail Care



Hallo semuanya!! Assalamu’alaikum… Alhamdulillah Allah masih memberikan izin kepadaku untuk membuat artikel. Kali ini aku mau ngebahas tentang KUKU. Mulai dari perawatan kuku,fakta unik dan sunnah dalam memotong kuku. Yap,kuku memang harus diperhatikan  baik pria maupun wanita. Kuku juga berperan penting dalam penampilan. Ternyata ada banyak pantangan yang tidak boleh dilakukan agar kuku tetap sehat,

      Apa sajakah itu?
-Hapus kuteks yang sudah dipakai terlalu lama.
          Bagi kaum hawa,kuteks bukanlah hal yang jarang dipakai. Namun,memakai kuteks terlalu lama akan membuat kuku susah untuk bernapas. Mengapa?karena memakai kuteks atau cat kuku sama saja dengan melapisi/menutup permukaan kuku. Jadi kalau ingin memakai kuteks pikirkan dulu jangka waktunya. Untuk membersihkannya,ambil kapas dan beri nail remover hingga basah dan diamkan selama beberapa detik di atas kuku. Ingat! Jangan digosok-gosok,cukup diusapkan saja untuk menghindari pengelupasan kutikula.

-Rapikan dan potong kuku jika sudah panjang dan tidak teratur.
     Cara memotong kuku yang sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW yaitu:
©      Untuk kuku tangan, dimulai dari tangan kanan. Pertama potong kuku dari telunjuk-jari tengah-jari manis-kelingking. Disambung ke tangan kiri dan dimulai dari kelingking-jari manis-jari tengah-telunjuk-jempol dan diakhiri pada jempol tangan kanan. 
                                                         
©      Untuk kuku kaki, dimulai dari kaki kanan. Pertama potong kuku mulai dari kelingking kaki kanan dilanjutkan terus hingga diakhiri kelingking kaki kiri

                                                                                                                   

-Rendam jari tangan dengan air hangat + sabun dan jus lemon/minyak zaitun
          Hal ini akan menghilangkan kotoran dan melembutkan kutikula. Rendamlah dalam waktu beberapa saat dan keringkan,kemudian bersihkan dengan sikat khusus.

-Pakailah krim,lalu gosok selama 5 menit
          Keringkan dengan cara menepuk-nepuk dengan handuk hangat. Ulangi langkah pertama untuk menghilangkan minyak.

-Jangan pernah memotong kutikula,karena akan menimbulkan infeksi. Sebaiknya dorong kutikula dengan alat.

-Cara yang benar untuk memakai nail polish:
Mulailah dari bagian tengah kuku,kemudian turun ke samping kanan atau kiri. Nail polish biasanya akan kering dalam 90 detik,tetapi agar benar-benar kering dan tanpa bekas biarkan kering selama 15 menit.

  Fakta unik menggigit kuku

      
 Bagi yang punya kebiasaan seperti ini,ada good news loh..
Menggigit kuku dianggap sebagai kebiasaan buruk, tapi tahukah kamu?? Menggigit kuku bisa menjadi baik bagi kesehatan, menurut Dr Hilarry Longhurst, seorang spesialis imunologi. Ia menjelaskan,asal tangan tidak terlalu kotor, bakteri yang masuk ke tubuh lewat mulut saat menggigit kuku bisa meningkatkan sistem imun.

          Sistem pertahanan tubuh ini mempunyai memori dan bisa ‘mencatat’ bagaimana caranya melawan bakteri jika suatu saat datang lagi. Ketika bakteri masuk ke tubuh untuk kedua kalinya, sistem imun akan mengingat lagi memorinya dan melepaskan senjata yang disebut lymphocytes yang tahu bagaimana cara melawannya. 

          Jadi,meskipun perannya kecil,menggigit kuku juga berkontribusi terhadap ketahanan tubuh. Sama halnya seperti mengupil. Hanya saja jangan lakukan kebiasaan ini telalu sering dan dalam keadaan tangan kotor, misalnya sehabis memegang daging mentah, lumpur atau debu.  

    Nature tips for nail
Saat stess menyerangmu, lakukan refleksiologi. Teknik ini akan membuat
kamu merasa lebih tenang. Gunakanlah bahan-bahan dari alam yang ada disekitarmu!

-Belimbih wuluh
                                            
          Bermanfaat untuk membersihkan kotoran disela-sela kuku dan kulit luar sekaligus menguatkan kuku. Caranya, gosokkan potongan belimbing wuluh pada kuku yang akan dibersihkan. Setelah itu bilas dengan air bersih.

-Perbanyak minum air putih
                                                      
          Salah satu cara mudah untuk memperindah dan menguatkan kuku dari dalam dalah dengan memperbanyak minum air putih. Konsumsi air putih membantu membuat kuku tidak kering.

-Minum susu dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium 
                                                                                             
          Manfaatnya adalah untuk memperkuat kuku. Konsumsi juga makanan yang terbuat dari susu dan keju, ikan pari, ikan sarden; kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran seperti brokoli,kangkung,bayam; buah seperti ape merah, stroberi, papaya, nanasa, manga, alpukat, anggur, dan manggis juga bermanfaat untuk kuku.

-Lidah buaya
                                            
           Lidah buaya memiliki banyak manfaat. Selain intuk merawat rambut,ternyata juga bisa untuk merawat kuku. Caranya, bersihkan lidah buaya dan oleskan secara merata pada kuku. Lakukan perawatan ini secara rutin,maka kuku akan terlihat lebih cantik dan bening.

-Getah papaya
                                           
          Bagus sekali untuk membersihkan kuku di luar kuku agar tidak mudah pecah dan mengelupas.

-Lemon (jeruk nipis)
                                              
           Bermanfaat untuk mengembalikan kuku yang kuninjg. Caranya, siapkan perasan lemon, dan campurkan satu sendok perasan lemon dengan pasta gigi (disarankan pasta gigi untuk memutihkan gigi). Aduk rata, lalu oleskan pada kuku. Tunggu hingga kering, maka kamu akan mendapatkan kuku dengan warna yang normal.

-Bawang putih
                                              
          Mengandung zat yang sangat berguna untuk menguatkan kuku. Caranya, parut bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada kuku. Tunggu beberapa menit,setelah itu bersihkan kuku. Lakukanlah secara rutin, maka kuku akan semakin kuat dan tudak rapuh.

-Campuran madu, telur, dan minyak zaitun
                                            
          Manfaatnya adalah untuk melembabkan dan melembutkan kuku. Kamu yang memiliki kuku yang kering dan kurang nutrisi, gunakanlah tips ini. Caranya, campurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun dalam panci. Panaskan dan aduk hingga tercampur rata, kemudian siapkan kocokan telur, oleskan pada kuku secara merata dan tunggu 10-15 menit, kemudian bersihkan kuku.

     My tips  for nail
Kuku adalah bagian tubuh yang dikaruniakan Allah kepada manusia. Allah memberikan kuku untuk kita jaga. Caraku menjaga kuku yaitu memotong kuku ketika kukuku sudah panjang dan berantakan. Kalau lagi ingin memakai wewarnaan di kuku biasanya aku menggunakan pacar atau innai. Warna yang sering aku pakai yaitu merah. Katanya sih,banyak manfaat yang bisa didapat dari innai. Bukan hanya mempercantik kuku,namun bisa dijadikan obat untuk kuku. 

Sifatnya pun berbeda dengan kuteks/cat kuku. Innai lebih meresap kedalam kuku dan tak menghambat pori-pori, dan kalau berwudhu pun kuku masih tetap bisa terkena air. Sedangkan kuteks,zat-zat kimia yang ada didalamnya dapat menyebabkan kuku menjadi kuning dan mudah rapuh. Dan ia bersifat menutup permukaan kuku yang tak dapat dijangkau oleh air. Tapi itu semua pilihan kalian ya :)
Aku biasanya memotong kuku pada hari Jum’at, which is sunnah, dan membuangnya ke tanah/tanaman.

Allright guys, kayaknya segitu dulu tips-tips aku kali ini. Semoga bermanfaat yaa, jangan lupa di share ke teman-teman kalian. Wassalamu’alaikum… :)


Komentar

Postingan Populer